5 Tips Memilih Perhiasan Emas untuk Bayi

Perhiasan emas untuk bayi yang paling sering digunakan ialah anting. Penggunaan anting ini untuk memperlihatkan jenis kelamin bayi tersebut. Bentuk fisik bayi secara umum antara perempuan dan laki-laki terlihat tidak memiliki perbedaan. Oleh sebab itulah mayoritas masyarakat Indonesia menandainya dengan menggunakan anting emas anak. Akan tetapi, anting emas yang digunakan bayi haruslah steril, karena sistem imun bayi belum sekuat anak-anak atau orang dewasa.


Memilih Perhiasan Emas untuk Bayi

Menentukan anting emas yang digunakan untuk bayi perempuan harus dipertimbangkan keamanan dan efek buruknya. Hal ini dikarenakan bayi masih sangat sensitif dalam menggunakan barang-barang baru. Maka dari itulah terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih anting emas untuk bayi. Nah, apa saja hal-hal yang perlu Anda perhatikan akan diuraikan di bawah ini.

1. Pilih Bahan Anting yang Berkualitas

Hal yang paling utama dalam memilih anting emas untuk bayi ialah kualitasnya. Anting emas yang berkualitas setidaknya tidak memberi efek negatif terhadap daun telinga bayi yang masih sangat sensitif. Kualitas bahan dasar anting tersebut perlu Anda perhatikan juga, karena ada anting yang tidak terbuat dari emas secara keseluruhan. Memang tidak menjadi masalah, namun jika tidak steril akan membuat bayi Anda tidak merasa nyaman.

2. Ukuran Anting Jangan Terlalu Besar

Selain kualitas yang perlu diperhatikan, Anda harus mempertimbangkan ukurannya. Dalam hal ini, daun telinga bayi masih rentan dan sensitif sehingga belum bisa menahan beban yang terlalu berat. Oleh sebab itulah, Anda harus memilih anting dengan ukuran yang kecil saja, namun berkualitas. Apabila ingin merubah ukuran anting bayi Anda bisa dilakukan nanti setelah anak Anda sudah besar, setidaknya sudah menginjak umur satu atau dua tahun.

3. Pastikan Pengunci Anting Aman untuk Bayi

Pengunci merupakan bagian penting yang perlu orang tua perhatikan dalam memilih anting yang aman untuk bayi. Dalam hal ini sebaiknya Anda memilih pengunci yang tidak mudah lepas sendiri secara tidak sengaja. Lepasnya anting bayi bukan hanya mendatangkan kerugian, akan tetapi membahayakan karena bisa saja tertelan oleh bayi Anda. 

Bentuk pengunci yang cocok untuk bayi ialah screw back yang mana membukanya hanya bisa diputar. Untuk safety back atau pengunci anting emas anak pun harus ditekan untuk bisa Anda lepas.

4. Perhatikan Kenyamanan Bayi

Perhiasan berupa anting untuk wanita dewasa biasanya digunakan sebagai penampilan. Fungsi anting tersebut sepertinya kurang baik untuk bayi. Dalam hal ini Anda jangan mementingkan ego untuk mempercantik bayi Anda. Justru Anda harus memperhatikan kenyamanan bayi saat menggunakan anting tersebut. Bayi yang merasa tidak nyaman menggunakan anting tersebut biasanya akan terus mencoba anting pada daun telinganya.

5. Pilih Anting Khusus Bayi

Kebutuhan anting untuk bayi menarik minat produsen dalam menghadirkan anting khusus bayi. Ketika Anda berupaya memilih anting berkualitas yang aman dan nyaman untuk bayi dengan membeli anting khusus, maka tingkat keamananya dapat terjaga dengan baik. Kalaupun ingin membeli anting anak-anak dengan ukuran yang lebih besar, Anda perlu memperhatikan bentuk daun telinga bayi Anda. Selain itu, persoalan kenyamanan pun penting sekali diperhatikan.

Demikianlah tips memilih perhiasan, khususnya anting emas anak untuk bayi. Upayakan memilih anting yang berkualitas demi keamanan dan kenyamanan bayi Anda. Jangan mengutamakan ego demi kepuasan orang tua sendiri. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label