6 Cara Investasi Online dengan Efisien

Kamu pasti sudah paham tentang apa itu investasi? Yups, saat ini banyak cara yang ditawarkan untuk mengembangkan dana yang kita miliki dan salah satu cara terbaik adalah investasi online. Sayangnya, dalam menjalankan investasi, seseorang harus siap menghadapi risikonya. Namun jangan khawatir, apabila kita mempelajari dan menjalankan investasi dengan tepat, maka hasil yang didapat akan lebih optimal. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjalankan investasi online yang efisien.


Mulai dari Sekarang

Jangan tunda hingga mapan baru memulai investasi, tetapi berinvestasilah untuk menjadi mapan. Memulai investasi secepatnya dapat membuat dana kita semakin berkembang. Apabila Anda merasa sudah berumur, mulailah sekarang karena tidak ada kata terlambat dalam memulai investasi. Kita dapat menentukan tujuan dan jangka waktu investasi sesuai dengan kebutuhan misalnya investasi jangka panjang dapat mempersiapkan kita untuk bebas finansial di hari tua. Agar merasa aman kamu dapat melakukan investasi di Lembaga kredit syariah.

Lampaui Inflasi

Jangan pernah mengabaikan inflasi terutama untuk kamu yang memilih investasi jangka panjang. Dengan adanya inflasi, kita harus melihat investasi yang efisien dalam menghadapi pertumbuhan inflasi di Indonesia. Hingga saat ini beberapa orang masih berpikir bahwa investasi saham dan reksadana merupakan investasi yang dapat bersaing dengan inflasi. Faktanya, di era sekarang investasi seperti P2P lending dapat bersaing lebih baik dibandingkan investasi saham maupun reksadana karena imbal hasil yang relatif lebih tinggi. Amartha merupakan platform P2P Lending pinjaman syariah yang dapat kamu jadikan sebagai instrumen investasi pilihan.

Lakukan Diversifikasi

Diversifikasi merupakan salah satu cara menekan risiko investasi dengan membagi modal yang kita miliki ke dalam beberapa aset. Contoh yang umum misalnya diversifikasi ke emas, saham, properti, atau surat hutang. Apabila kamu ingin memulai investasi P2P lending, dalam investasi tersebut terdapat banyak peluang yang dapat dilakukan. Kamu bisa membagi dana milikmu ke beberapa peluang untuk menekan risiko yang ada. Dengan demikian, ketika satu peluang mengalami kerugian, masih ada peluang lain yang mendapat untung. Alhasil beban yang dirasakan jika merugi pun berkurang. 

Menentukan Investasi Yang Tepat

Dalam menentukan investasi yang tepat kita tidak perlu mencobanya satu per satu. Setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lihatlah investasi yang sesuai dengan tujuan dan kemampuanmu secara finansial. 

Mulai dengan Modal Kecil

Pemula dapat memulai investasi dengan modal kecil. Semakin besar modal maka semakin besar peluang keuntungan, namun jangan lupa bahwa risiko kerugian juga semakin besar. Apabila kita sudah mendapatkan manfaat dan memahami investasi yang kita jalankan, maka perlahan kita dapat menaikkan modal. Langkah tersebut dapat meminimalisir kerugian.

Monitor Secukupnya

Investasi yang efisien dapat dilakukan dengan tidak memonitor terlalu sering. Seseorang yang memantau investasi terus-menerus rentan dilanda rasa khawatir dan takut mengambil keputusan. Dengan demikian, cukup monitor investasi kamu sebulan sekali. 

Itulah enam cara yang dapat kita lakukan untuk berinvestasi secara efisien. Selamat mencoba!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label