Cara Agar Atap Rumah Anda Tidak Gampang Bocor

Sangat wajar jika kala musim hujan tiba kita menjadi was-was dengan atap yang bocor. Pasalnya di musim kemarau, atap yang bocor tidak bisa diprediksi dan ketika musim hujan datang, masalah ini menyerang secara tiba-tiba hingga membuat kita panik dan bingung melakukan perbaikan atap. Nah, Anda tidak perlu bingung lagi. Yuk, simak artikel berikut ini tentang cara agar atap rumah tidak mudah bocor.


Cara Agar Atap Tidak Bocor

Atap yang mengalami kebocoran tentu menyebabkan kerepotan mendadak. Selain bisa membuat rumah ‘basah kuyup’ karena kehujanan, atap yang bocor juga dapat membuat rusaknya furniture-furniture di rumah. Apalagi jika yang diserang adalah perabot kayu ukiran, tentu Anda bisa menangis ketika kebocoran mengenai perabot mahal satu ini. Terlebih, rumah menjadi tidak nyaman karena serba basah dan banyak ember berserakan.

Masalah lainnya adalah memperbaiki atap tidak semudah yang dilihat. Anda harus naik ke atap yang tinggi dan membahayakan keselamatan jika salah pijak. Untuk itu, diperlukan tukang perbaikan atap yang ahli untuk mengatasinya. Nah sebelum Anda meminta bantuan mereka, Anda bisa melakukan pencegahan sedini mungkin agar atap tidak mudah bocor. Caranya antara lain :

1. Gunakan Water Proofing

Cara pertama untuk mencegah atap bocor adalah dengan water proofing. Ketika ada atap yang bocor lantaran adanya perubahan cuaca setiap tahun yang bisa membuat ketahanan atap berkurang setiap saatnya, bahan berbentuk liquid ini kerap menjadi pilihan. Sejatinya, water proofing adalah bahan serupa cat yang anti air sehingga hujan tidak bisa merembes ke atap. Jadi pastikan Anda melapisi atap dengan bahan satu ini.

2. Perhatikan Kemiringan Atap

Seperti yang kita tahu, atap rumah pada umumnya memang memiliki desain arsitektur dengan tingkat kemiringan tertentu. Hal ini berguna untuk membuat aliran air hujan lancar mengalir ke bawah dan tidak tertampung di atap. 

Coba cek apakah atap Anda landai atau datar. Jika demikian, maka tidak mengherankan jika atap Anda mudah bocor. Maka dari itu, Anda bisa merenovasinya dan mengganti kemiringannya agar aman.

3. Perbaiki Genteng Melorot

Genting ternyata juga bisa melorot. Entah itu karena tertiup angin, tergeser ranting pohon, atau karena memang pijakannya yang sudah tidak seketat sebelumnya, Anda harus segera membetulkan posisinya kembali. Pasalnya jika genting yang melorot dibiarkan, air hujan bisa masuk ke dalam rumah. Untuk itu, lakukan pemeriksaan rutin soal atap rumah dan lakukan perbaikan secara berkala.

4. Bersihkan Talang Air

Langkah selanjutnya untuk mencegah atap bocor adalah dengan membersihkan talang air. Tidak jarang, air hujan yang masuk ke rumah disebabkan karena kotornya talang hingga menyumbat jalan air dan mengakibatkan masuknya air diantara genting-genting rumah Anda. Nah untuk mencegahnya, Anda bisa mulai rutin membersihkan sampah-sampah daun meranggas di talang dan membuat air mengalir dengan lancar kembali.

5. Ganti Genting yang Retak

Terakhir, Anda bisa mengganti genting yang retak dengan genting baru agar atap tidak mengalami kebocoran. Tidak jarang genting yang rusak lolos dari pantauan karena memang letaknya yang jauh di atas. Baru ketika air masuk, Anda tahu jika ada genting yang bocor. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan penggantian genting secara rutin beberapa tahun sekali.

Demikian ulasan kali ini tentang cara-cara perbaikan atap yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atap bocor. Semoga ulasan kali ini bermanfaat.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label