5 Bagian Motor Ini Wajib Dirawat Saat Musim Hujan

Saat memasuki musim hujan, jalanan akan terlihat lebih becek dari biasanya. Pengendara motor biasanya akan merasa terganggu karena banyaknya cipratan genangan air yang mengenai celana, baju, dan lain-lain. Namun, ini tentu saja tidak seberapa karena Anda bisa mencuci pakaian tersebut. Namun, jika genangan air bekas hujan merendam motor Honda Anda, ini tentu menjadi masalah.


Hujan bisa mengakibatkan banjir di sebagian wilayah di Indonesia. Genangan air yang tidak kunjung surut cukup menghambat aktivitas sehari-hari. Namun, karena berbagai kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan, tidak sedikit yang memaksakan diri pergi ke kantor, kampus, dan ke tempat-tempat lainnya menggunakan sepeda motor. Jika ini terjadi pada Anda, sebisa mungkin segera periksa berbagai komponen motor Anda.

Komponen motor yang harus rajin dirawat

Berbagai komponen motor yang terkena air tentu saja bisa mengalami kerusakan. Ini tentu saja tidak bisa dibiarkan karena motor Anda bisa mati total. Oleh karena itu, ada beberapa komponen motor yang sebaiknya Anda rawat saat musim hujan seperti ulasan di bawah ini.

1. Bodi Motor

Saat musim hujan tiba, bodi motor akan menjadi lebih kotor dari biasanya. Motor akan terkena cipratan air dari jalan raya setiap harinya, sehingga akan ada banyak kotoran yang menempel. Oleh karena itu, rajin-rajinlah untuk mencuci motor selepas digunakan. Motor yang dibiarkan kotor bisa mempengaruhi performa mesin karena ada debu yang masuk, dan sejenisnya.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mencuci motor, gunakan jasa cuci motor yang ada di sekitar Anda. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000,00 sampai Rp 15.000,00. Dalam waktu 15 menit saja, motor Anda bisa kembali kinclong. 

2. Ban Depan dan Belakang

Anda tentu saja akan lebih berhati-hati ketika mengendarai motor saat hujan. Anda bisa saja terjatuh karena kondisi jalan yang licin atau kondisi ban yang sudah tidak bagus lagi. Oleh karena itu, jangan malas untuk memeriksa ban motor Honda Anda, apakah alurnya masih berfungsi dengan baik atau tidak. Alur ban ini berguna untuk menerobos genangan air agar batang kemudi menjadi lebih ringan. 

3. Rem Depan dan Rem Belakang

Selain memeriksa ban, pastikan bagian remnya juga Anda perhatikan. Saat terkena air, kanvas rem yang terbuat dari asbes akan membesar, kemudian menjadi kering saat setelah beberapa saat. Oleh karena itu, selalu bersihkan rem depan dan belakang setelah terkena hujan. Anda bisa menggunakan lap kering apa saja yang bisa menyerap air dengan baik.

4. Knalpot

Knalpot menjadi salah satu komponen motor yang paling sering terkena air. Bahkan, air bisa masuk pada knalpot. Ini tentu saja mengakibatkan sistem pembuangan menjadi terhambat, dan motor menjadi tidak bisa melaju dengan baik. Oleh karena itu, jangan memaksakan diri untuk menerobos jalan raya yang terendam air. Jika terpaksa, matikan mesin dan tutup lubang knalpot dan Anda bisa mendorongnya.

5. Sistem Penerangan

Sistem penerangan sangat penting untuk sebuah kendaraan agar Anda bisa berkendara dengan selamat. Saat hujan tiba, biasanya lampu penerangan wajib untuk dihidupkan agar orang lain bisa melihat Anda. Namun, jika lampu motor Anda redup, segera ganti dengan yang baru. Dengan demikian, berkendara saat hujan pun bisa lebih aman.

Anda tentu saja jangan sampai lupa untuk merawat kelima komponen motor tersebut saat musim hujan tiba. Jika Anda membutuhkan komponen motor Honda baru, beli saja di toko online. Di toko tersebut, Anda tidak hanya bisa membeli komponennya, tetapi juga motornya sekaligus, tentu saja dengan harga yang lebih bersahabat. Gimana, Anda tertarik? 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label