4 Cara Merawat AC Mobil dengan Benar

Kapan terakhir kali Anda melakukan service AC mobil? Salah satu komponen AC ini sebaiknya dirawat dengan benar agar kinerjanya tetap optimal. Terlebih jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi sehingga harus sering bepergian mengendarai mobil. Tidak dipungkiri jika keberadaan AC mobil mempunyai andil yang besar dalam menciptakan kenyamanan ketika berkendara.

Bagi masyarakat Indonesia yang merupakan negara tropis, kehadiran AC mobil sangat dibutuhkan, terlebih saat musim panas sedang berlangsung. AC juga berguna saat hujan dan Anda sedang mengendarai mobil. AC akan membantu menghilangkan kabut di depan kaca mobil yang disebabkan oleh rintik air. 

Cara Menjaga Kualitas AC Mobil

Melihat banyak sekali manfaat dan kegunaan AC membuat komponen tersebut harus bekerja setiap saat. Jika penggunaan AC tidak diimbangi dengan perawatan yang baik, maka bersiap-siap saja jika sewaktu-waktu Anda harus melakukan service AC mobil yang mungkin saja kerusakannya sudah parah. Oleh karena itu, kualitas AC mobil harus selalu dijaga agar tidak membuat resah pengemudi. Gimana sih cara merawat dan menjaga kualitas AC mobil? Berikut informasinya.

1. Menghidupkan dan mematikan AC mobil

Saat masuk ke dalam mobil, hal pertama yang sering dilakukan adalah menghidupkan AC mobil. Apakah hal tersebut mengurangi kualitas AC mobil? Jawabannya adalah tidak, jika Anda memastikan dengan benar bahwa AC masih dalam kondisi mati saat menghidupkan mesin mobil. Sebaliknya, saat mesin mobil hendak dimatikan, sebaiknya Anda pastikan bahwa AC sudah dimatikan terlebih dahulu. 

2. Memastikan extra fan kipas selalu hidup

Cara menjaga kualitas AC mobil yang kedua adalah saat AC hidup, extra fan kipas juga harus hidup. Extra fan kipas ini terletak di depan kondensor dan sangat beresiko apabila tidak hidup saat AC dinyalakan. Dampaknya dapat mengakibatkan selang kompresor meledak sehingga membuat kompresor tidak bisa digunakan. 

3. Membersihkan bagian kondensor AC

Ada banyak komponen AC, salah satunya adalah condensor. Bagian ini harus selalu dibersihkan agar tidak menyebabkan korosi dan kebocoran pada AC mobil. Anda dapat membersihkan debu dan kotoran pada kondensor bersamaan dengan saat mencuci mobil.

4. Tidak merokok saat AC menyala

Merokok di dalam mobil saat AC sedang dalam kondisi hidup sangat tidak disarankan. Asap rokok dapat mengotori evaporator dengan nikotin. Apabila evaporator sudah berbau tidak sedap, berlendir dan lengket akan sangat susah membersihkannya. 

Jika terpaksa merokok di dalam mobil, lebih baik matikan AC lebih dulu dan bukalah kaca mobil. Asap rokok akan mudah keluar lewat kaca mobil yang dibuka sehingga tidak sampai menempel di bagian kabin. 

Ingat kembali apakah Anda sudah melakukan 4 cara di atas untuk menjaga kualitas AC mobil? Segera lakukan jika belum dan bagi Anda yang sering melakukannya cobalah lebih konsisten. Optimalkan 4 cara di atas dengan melakukan service AC mobil secara berkala yang ditangani oleh seorang profesional. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label