Info SehatQ Tentang Berbagai Vaksin untuk Menghadapi Covid-19

Vaksin Corona belakangan menjadi perbincangan hangat di dunia setelah beberapa perusahaan farmasi mengaku sudah menemukan vaksin terampuh melawan Covid-19. Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, adalah beberapa negara yang telah mengklaim berhasil mengembangkan vaksin Corona.

Di Indonesia sendiri penelitian untuk mengembangkan vaksin Corona juga sudah dilakukan. Akan tetapi, masih membutuhkan perkembangan lebih lanjut. Pengembangan vaksin untuk melawan Covid-19 diperlukan secepatnya mengingat korban akibat virus ini semakin bertambah.

Beberapa Vaksin yang Bisa Digunakan Melawan Covid-19

Lebih dari 100 tim ilmuwan di seluruh dunia tengah mengembangkan virus untuk melawan Covid-19. Hingga kini sudah ditemukan beberapa jenis vaksin yang efektif menangkal perkembangan virus Corona di tubuh manusia. Berikut beberapa vaksin yang bisa digunakan melawan Covid-19:

1. Vaksin Sinovac
Vaksin yang dikembangkan perusahaan bioteknologi asal Tiongkok, Sinovac merupakan salah satu jenis vaksin yang digunakan di Indonesia. Dengan menggunakan metode inaktivasi, yaitu metode menggunakan versi virus tidak aktif dari jenis bakteri penyebab sebuah penyakit.

Jenis vaksin ini sudah mengalami pengujian Fase III dan akan mulai diproduksi oleh Bio Farma mulai awal tahun 2021 mendatang.

2. Vaksin Moderna
Vaksin satu ini dikembangkan oleh Amerika Serikat yang memang sengaja mempercepat penelitian guna mendapatkan vaksin paling efektif, mengingat tingkat penyebaran dan kematian akibat Covid-19 di negara ini sangat tinggi.
Dikembangkan oleh Moderna Inc dengan biaya yang tidak murah, yakni lebih dari US$ 1 Miliar, ternyata vaksin Moderna menunjukkan tingkat keamanan dan efektivitas yang tinggi. Rencananya, akhir tahun ini vaksin akan mulai didistribusikan di wilayah Amerika.

3. Vaksin Corona Pfizer dan BioNTech
Vaksin corona yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Amerika Serikat Pfizer dan perusahaan bioteknologi Jerman ini diklaim 90% dapat menangkal virus Corona. Telah diadakan pengujian fase III dan memperlihatkan hasil yang memuaskan. Setelah pengumuman keberhasilan ini, saham Pfizer maupun BioNTech melonjak naik.

Vaksin ini rencananya akan diproduksi secara masal dan dijual ke berbagai negara yang mengalami tingkat penyebaran Corona tertinggi. Karena ini adalah vaksin baru, beberapa efek samping mungkin akan dirasakan penggunanya, seperti sakit lengan atau demam. Akan tetapi, tidak ada efek samping serius yang diakibatkan penggunanya.

4. Vaksin Sinopharm
Grup farmasi Tiongkok, Sinopharm juga tengah mengembangkan virus untuk menghadapi Corona. Uji coba tahap akhir sudah dilakukan, mengambil sampel dan tempat pengujian di Uni Emirat Arab. Dengan metode memanfaatkan virus Corona yang sudah dilemahkan vaksin ini menunjukkan keamanan dan imunogenitas yang sangat baik.

Tercatat, vaksin satu ini ampuh menghadapi Covid-19 dan tidak menimbulkan efek samping serius karena penggunaannya. 

5. Vaksin Ad5-nCoV
Satu lagi perusahaan biofarmasi asal Tiongkok yang mengembangkan vaksin untuk mencegah dan menghadapi Corona, yaitu CanSino Biologics. Vaksin ini dikembangkan bersama seorang pakar penyakit menular, Chen Wei, yang sudah menghadapi berbagai penyakit menular di kamp militer Tiongkok.

Vaksin yang dikembangkan CanSino ini menggunakan metode rekayasa genetika. Saat uji coba terhadap respon imun hewan, vaksin ini menunjukkan hasil yang bagus. Uji klinis selanjutnya akan dilakukan di Arab Saudi dengan 5000 relawan.


Vaksin Corona menjadi salah satu harapan umat manusia untuk melawan penyebaran Covid-19.  Ingin mendapatkan informasi terkait Covid-19, Anda bisa berkunjung ke SehatQ. Berbagai informasi terbaru mengenai jenis vaksin corona dan hal lain seputar Covid-19, bisa Anda dapatkan di sini.  Semoga dengan ditemukannya vaksin corona ini bisa menghentikan laju pertumbuhan Covid-19 di dunia.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label